Selasa, 12 Mei 2015

182 


FAQ Verval PD
FAQ Verval PD


Meski sudah ada panduan dari PDSP, dan di internet juga banyak tutorial mengerjakan Verval PD, namun banyak juga operator yang mengalami kendala maupun kebingungan terkait Verval PD ini. Mungkin karena belum membaca atau memang yang ia alami belum tercantum di buku panduan.

Berikut kami kumpulkan berbagai pertanyaan dan jawabannya dari berbagai sumber.

P: Apakah harus melakukan Verval PD?
J: Ya, harus. Ini dilakukan agar data NISN benar-benar valid dan tidak ada yang bermasalah. Selain itu dari sini juga dapat dilakukan perubahan nama dan tanggal lahir yang terkunci di Dapodik.

P: Dimana melakukan Verval PD?
J: Akses vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

P: Bagaimana cara login Verval PD?
J: Gunakan akun login yang sama dengan akun login aplikasi Dapodik.

P: Apa itu Residu?
J: Data anak bermasalah yang harus divalidasi. Cara melakukan validasi lihat pada artikel Validasi Data Residu pada Verval PD.

P: Apa itu Konfirmasi Data?
J: Data referensi yang harus dikonfirmasi sebelum masuk arsip database NISN. Ini merupakan data hasil verval yang sedikit memiliki perbedaan atau benar-benar berbeda dari data di database NISN lama. Bagi data yang memiliki kesamaan persis, kemungkinan akan konfirmasi secara otomatis dan tidak masuk dalam menu Konfirmasi Data. Cara melakukan konfirmasi lihat pada artikel Konfirmasi Data pada Verval PD.

P: Apa fungsi tombol Match?
J: Tombol Match digunakan jika data Dapodik (tabel atas) dengan data PDSP (tabel bawah) adalah milik orang yang sama.

P: Apa fungsi tombol Not Match?
J: Tombol Not Match digunakan jika tidak ditemukan data anak yang sama dengan data anak di Dapodik.

P: Bagaimana cara membuatkan NISN baru?
J: Tombol Not Match digunakan untuk memberikan NISN baru.

P: Bagaimana jika hendak mengembalikan siswa dari Referensi ke Residu?
J: Klik nama siswa lalu klik tombol Unmatch di kiri atas.

P: Siswa saya sudah punya NISN, namun saat namanya diklik muncul nama siswa lain yang berbeda, klik apa?
J: Klik Search Next untuk melakukan pencarian. Jika sampai 5x tidak ditemukan, coba cek di nisn.data.kemdikbud.go.id untuk memastikan siapa pemilik NISN tersebut, kemungkinan milik siswa lain. Klik Not Match untuk membuatkan NISN baru.

P: NISN lama tidak berlaku, namun sudah tertulis di ijazah, apakah masih bisa diaktifkan?
J: Bisa, lakukan pengajuan perubahan NISN dengan melampirkan scan ijazah/kartu NISN. Dengan catatan NISN tersebut belum digunakan oleh orang lain.

P: Bagaimana cara mengubah nama/tanggal lahir?
J: Klik menu Edit Data -> Pengajuan perubahan -> Nama & tanggal lahir. Pilih siswa yang akan diubah. Masukkan nama dan tanggal lahir baru, lalu upload gambar akta kelahiran/kartu keluarga. Lebih lengkapnya baca Pengajuan Perubahan Data pada Verval PD.

P: Bagaimana cara mengubah NISN?
J: Klik menu Edit Data -> Pengajuan perubahan -> NISN. Pilih siswa yang akan diubah. Masukkan NISN baru lalu cek ketersediaan. Jika tersedia, upload gambar kartu NISN/dokumen NISN lain. Jika tidak tersedia, batalkan pengajuan. Lebih lengkapnya baca disini.

P: Apakah perubahan di Verval PD ini akan dikirim ke Dapodik?
J: Ya.

P: Setelah selesai Verval, apakah NISN yang didapat dimasukkan ke aplikasi Dapodik?
J: Tidak perlu mengentry NISN. Cukup lakukan sinkronisasi untuk mengambil data NISN ke lokal.

P: Jika nama di Dapodik dengan PDSP berbeda (nama di PDSP disingkat), apakah perlu disesuaikan dengan nama di Dapodik?
J: Setelah kita klik Match, siswa akan masuk Referensi dengan membawa data dari Dapodik. Jadi nama siswa tersebut otomatis menyesuaikan dengan nama di Dapodik.

P: Bagaimana jika nama di Dapodik ada kesalahan?
J: Lakukan pengajuan perubahan data setelah data masuk Referensi.

P: Di tabel Residu ada data siswa yang ganda, padahal hanya 1 orang. Bagaimana solusinya?
J: Validasi salah satu saja yang dinilai paling benar datanya. Dan biarkan yang satu tetap invalid. Nantinya akan otomatis dihapus dari server.

Masih ada pertanyaan yang belum dicantumkan? Silakan masukkan di komentar.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar