Rabu, 13 Mei 2015

Membuat Kartu Pelajar atau ID Card Lainnya Dengan Microsoft Access

Tak perlu repot-repot mencari aplikasi untuk pembuatan kartu pelajar atau ID Card lainnya, cukup menggunakan Program Aplikasi Microsoft Access anda dapat melakukannya. Kali ini kami akan memberikan contoh pembuatan kartu pelajar menggunakan Microsoft Access. Ikutilah langkah-langkah berikut :
  1. Siapkan desain kartu pelajar anda, dapat dibuat menggunakan Adobe Photoshop, Corel. Atau anda dapat mencari template yang sudah jadi di google. Seperti contoh dibawah ini yang kami buat dengan menggunakan Adobe Photoshop .
    kartu pelajar
  2. Bukalah Microsoft Access, klik Blank Database, kemudian isi nama file-nya (filename) dbkartu. Tentukan tempat penyimpanan, klik tombol Create.
    create db access
  3. Akan tampil table 1, di close saja, karena kita akan mendesain table siswa terlebih dahulu.
  4. Klik tab Create, Table Design.
    table design access
  5. Buat Field Name seperti dibawah ini:
  6. Close dan Simpan dengan nama tblsiswa
  7. Klik dua kali (double click tblsiswa), sebagai contoh isi sampai dengan 5 siswa (untuk mengisi foto tinggal klik field foto)
  8. Selanjutnya kita akan mendesain report nya untuk mencetak kartu pelajar. Klik Tab Create-Report Design.
    report design access
  9. Klik menu icon Image di toolbar Control menu icon imageDrag di bagian detail secukupnya isi dengan gambar design kartu pelajar yang sebelum nya telah kita buat, seperti gambar dibawah ini :
    report design 2
  10. Klik gambar design kartu pelajar, klik menu icon Property Sheet pada toolbar Tools (karena kita akan mengatur ukuran gambar kartu pelajar).
    property sheet access
  11. Di jendela Property Sheet ubah Width menjadi 17,6 cm dan height menjadi 5,5 cm (karena ukuran normal kartu id card horizontal adalah 8,8 cm x 5,5 cm
    property sheet window
  12. Klik menu icon Add Existing Field pada toolbar Tools, dan drag and drop field yang akan dimasukan kedalam kartu nama (dalam hal ini saya masukan semua) atur penempatannya, dan ukuran fieldnya.
    hasil kartu pelajar
  13. Sampai disitu kita sudah selesai membuat kartu pelajarnya, klik print preview untuk melihat hasilnya, jika sudah bagus tinggal print. Selamat mencoba.
    hasil kartu pelajar2
    Anda bisa menambahkan barcode, dengan memasukan font barcode di komputer. Barcode bisa menggunakan field NISN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar